Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
Iklan
Kunjungi Sponsor Kami
Terimakasih
Semoga Artikel Bisa Bermanfaat
[x]

Masakan Monoton? Yuk Coba Lima Tips Ini

Written By admin on Minggu, 21 April 2013 | 08.48


di langsir dari VIVAlife - Memasak bukan hanya seputar mengolah berbagai bahan makanan untuk disantap. Anda perlu sedikit kreatif dalam mengolah hidangan di dapur. Hindari memasak hidangan yang monoton, terlebih jika Anda memasak untuk keluarga setiap hari.

Selain belajar resep-resep terkini, Anda dapat bereksperimen dengan berbagai rempah-rempah serta bumbu-bumbu baru. Anda juga dapat mengganti penggunaan bahan-bahan yang biasa digunakan dengan bahan lain yang akan menambah cita rasa baru pada masakan. Untuk itu, simak lima tips kreatif memasak berikut ini seperti dilansir laman Culinaryarts.

1. Berani bermain bumbu

Ketika berbicara mengenai bumbu, yang pertama kali terlintas di pikiran Anda pasti adalah garam, merica, dan bawang putih. Ketiganya memang merupakan bumbu utama saat memasak hidangan apa pun.

Namun, Anda dapat mengombinasikan dengan bumbu-bumbu lain seperti kunyit, pala, jintan, oregano, basil, rosemary, dan masih banyak lagi. Tak perlu khawatir mengenai rasa makanan Anda. Dengan sedikit eksperimen, Anda akan menemukan kombinasi bumbu apa yang paling sesuai untuk ditambahkan dengan bahan masakan Anda.

2. Substitusi air

Saat memasak hidangan yang menggunakan air, Anda dapat menggantinya dengan air kaldu. Kaldu yang dapat digunakan pun beragam seperti kaldu sayuran, daging sapi, ayam atau kaldu kulit udang. Selain kaldu, Anda juga dapat menggunakan wine yang dapat menambahkan cita rasa baru pada masakan, sehingga hidangan Anda akan semakin gurih dan kaya rasa.

3. Tambahkan rasa asam

Terkadang, rasa asin dan gurih kurang membangkitkan selera makan. Untuk itu, Anda dapat menambahkan sedikit rasa asam seperti air perasan jeruk lemon, cuka atau wine agar hidangan Anda terasa segar dan mampu membangkitkan selera makan. Tak hanya itu, rasa asam juga dapat menyeimbangkan keseluruhan rasa dalam hidangan.

4. Menggunakan butter

Selain garam, butter adalah salah satu bahan penting yang mampu membuat hidangan menjadi semakin lezat. Teksturnya yang creamy dan rasanya yang khas, cocok untuk digunakan sebagai pengganti mentega untuk menumis atau membuat saus gravy.

5. Bermain tekstur

Saat menyantap hidangan, tekstur juga merupakan hal yang mampu membangkitkan selera makan. Untuk itu, coba gunakan berbagai macam bahan makanan seperti daging, sayur, kacang-kacangan, dan sebagainya yang dimasak dengan teknik yang berbeda, sehingga hidangan Anda memiliki tekstur yang beragam. Saat memanggang makanan seperti makaroni misalnya, Anda dapat menaburkan remah-remah roti di atasnya untuk menambahkan tekstur crunchy saat matang. (art)

[Hangat-News]

0 komentar:

Posting Komentar