Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
Iklan
Kunjungi Sponsor Kami
Terimakasih
Semoga Artikel Bisa Bermanfaat
[x]

Waspada Dini Buat Kita Semua!!!!

Written By admin on Selasa, 06 Mei 2014 | 21.03

Tumor otak primer yang paling umum biasanya dinamai sesuai jenis jaringan otak dari mana mereka awalnya tumbuh. Yaitu glioma, meningioma, adenoma hipofisis, schwannomas vestibular, dan primitif neuroectodermal tumor (medulloblastomas). Glioma memiliki beberapa subtipe yang meliputi astrocytomas, oligodendrogliomas, ependymomas, dan papiloma pleksus koroid. Ketika kelas-kelas/grade yang digabungkan dengan nama tumor, dokter memberikan pemahaman yang lebih baik tentang tingkat keparahan kanker otak. Sebagai contoh, kelas/grade III (anaplastik) glioma adalah tumor agresif, sedangkan neuroma akustik merupakan tumor jinak Grade I. Namun, bahkan tumor jinak dapat menyebabkan masalah serius jika mereka tumbuh cukup besar untuk menyebabkan tekanan intrakranial meningkat atau menghalangi struktur vaskular atau aliran cairan serebrospinal.


Ikatan Dokter Indonesia(IDI) Menginformasikan:
Kanker otak adalah penyakit otak di mana sel kanker (ganas) muncul di jaringan otak. Sel kanker tumbuh untuk membentuk suatu massa dari jaringan kanker (tumor) yang mengganggu fungsi otak seperti pengendalian otot, sensasi, memori, dan fungsi tubuh normal. Tumor yang terdiri dari sel-sel kanker disebut tumor ganas. Dan tumor yang terdiri dari sel-sel bukan kanker disebut tumor jinak. Sel kanker yang berkembang dari jaringan otak disebut tumor otak primer sementara tumor yang menyebar dari bagian tubuh lain ke otak disebut tumor otak metastasis. Statistik menunjukkan bahwa kanker otak jarang terjadi dan kemungkinan akan berkembang pada sekitar 22.000 orang baru per tahun dengan sekitar 13.000 kematian seperti yang diperkirakan oleh National Cancer Institute (NCI).
Tidak semua tumor otak sama, bahkan jika mereka muncul dari jenis yang sama di jaringan otak. Tumor diklasifikasikan tergantung pada bagaimana sel-sel dalam tumor muncul secara mikroskopis. Kelas ini juga memberikan wawasan mengenai tingkat pertumbuhan sel. Berikut tingkatannya menurut NCI:
*  Grade I: Jaringan sel jinak. Sel-sel terlihat hampir seperti sel otak normal, dan mereka tumbuh perlahan-lahan.
*  Grade II: jaringan tersebut ganas. Sel-sel terlihat seperti sangat normal daripada sel-sel dalam kelas I tumor.
* Grade III: jaringan ganas memiliki sel-sel yang terlihat sangat berbeda dari sel normal. Sel-sel yang abnormal secara aktif tumbuh dan memiliki penampilan yang jelas tidak normal (anaplastik).
* Grade IV: jaringan ganas memiliki sel yang terlihat paling abnormal dan cenderung tumbuh dengan cepat.
Stadium pada kanker otak (stadium menggambarkan sejauh mana kanker) disesuaikanmenurut tipe sel dan kelas mereka karena kanker otak jarang menyebar ke organ lain, sementara kanker lainnya, seperti payudara atau kanker paru-paru, yang klasifikasikan sesuai dengan apa yang disebut Stadium TMN yang berdasarkan lokasi dan penyebaran sel kanker. Secara umum, tahap-tahap kanker berkisar dari 0 sampai 4, dengan stadium 4 yang menunjukkan kanker telah menyebar ke organ lain (tahap tertinggi).
Kanker otak metastatik
Sel kanker yang berkembang pada organ tubuh seperti paru-paru (kanker jenis jaringan primer) dapat menyebar melalui aliran darah atau sistem getah bening ke organ tubuh lainnya seperti otak. Tumor dibentuk oleh sel-sel kanker  yang menyebar (metastasis) ke organ lain disebut metastasis tumor. Kanker otak metastatik merupakan massa sel (tumor) yang berasal dari organ lain tubuh dan telah menyebar ke jaringan otak. Tumor metastasis di otak lebih sering terjadi dibandingkan tumor otak primer. Mereka biasanya dinamai setelah jaringan atau organ mana kanker pertama kali tumbuh (misalnya, paru-paru metastasis atau tumor kanker payudara di otak, yang merupakan jenis yang paling umum ditemukan). Kadang-kadang, nama singkat yang digunakan sering membingungkan orang, misalnya, “sel kanker otak kecil” sebenarnya berarti “sel kanker paru-paru kecil yang telah menyebar ke otak.” Orang tidak perlu ragu untuk bertanya kepada dokter tentang segala hal yang mereka tidak mengerti.

[Hangat-News]

0 komentar:

Posting Komentar