Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
Iklan
Kunjungi Sponsor Kami
Terimakasih
Semoga Artikel Bisa Bermanfaat
[x]

POLLING: Apa Sinetron Era 90-an yang Ingin Anda Tonton Lagi?

Written By admin on Sabtu, 09 Juni 2012 | 09.45


APA sinetron era 90-an yang Anda harapkan ditayang ulang oleh stasiun TV nasional?

Industri serial TV alias sinetron Indonesia saat ini bisa dikatakan sedang sangat maju, dari segi produksi. Persaingan 4 stasiun TV swasta yang menghadirkan parade stripping, memaksa berbagai PH untuk menghasilkan sinetron berating tinggi.

Sayangnya, dari segi kualitas masih kerap diperdebatkan. Bagaimana tidak, saat ini umur dan cerita sinetron bergantung pada rating. Bisa saja sinetron yang awalnya menyorot kehidupan remaja, berpindah jadi genre anak-anak, seperti yang terjadi pada Cerita SMA, yang memopulerkan Baim Alkatiri.

Selain itu, tren sinetron harian memaksa artis dan tim produksi untuk bekerja serba terburu-buru. Syuting selesai siang, untuk tayang malam harinya. Bagaimana bisa menjaga mutu dengan sistem kerja seperti itu?

Kembali ke era 90-an, saat itu sinetron mingguan masih menguasai primetime. Kala itu sinetron masih terkonsep. Sudah ditentukan jumlah episodenya sebelum tayang di TV.

Memang, di akhir era 90-an umur sinetron mulai bergantung pada rating, seperti Tersanjung. Tapi masih banyak yang dari awal sudah dikonsep berapa episode.

Sehingga meski sambutan penonton hangat, tidak lantas berlarut-larut. Kalau pun kejar tayang, satu episode rata-rata dikerjakan 3 hari mengingat tayangnya mingguan.

Sinetron harian juga ada, meski tak banyak. Salah satunya Noktah Merah Perkawinan (1996). Walau dapat sambutan positif, toh episodenya cuma 28. Karena sukses, baru dibikin sekuel dan ubah format mingguan.

Sinetron Ramadhan yang tayang harian pun dibatasi. Seperti Doaku Harapanku (1998) tayang sebulan sebelum Ramadhan, dan tamat seminggu setelah Lebaran.

Karena sukses, ya dibuatkan sekuel Ramadhan tahun depannya. Kalau sekarang sih, ambil contoh Islam KTP yang dari jelang Ramadhan 2010 sampai setelah Ramadhan 2011 nonstop tayang.

Berikut kami tampilkan daftar sinetron era 90-an yang sempat booming (sitcom berdurasi 30 menit tidak kami sertakan, demikian juga Si Doel yang kerap tayang ulang di RCTI).

Beberapa judul ada yang tayang ulang di TV berlangganan atau TV satelit. Mana yang Anda harapkan ditayang ulang oleh stasiun TV nasional?

[Hangat-News]

0 komentar:

Posting Komentar