Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
Iklan
Kunjungi Sponsor Kami
Terimakasih
Semoga Artikel Bisa Bermanfaat
[x]

Puteri Donald Trump Dituding Plagiat

Written By admin on Sabtu, 24 Desember 2011 | 07.48


IVANKA Trump, puteri milioner Donald Trump, terjerat persoalan hukum setelah dituduh menjiplak rancangan sepatu Derek Lam.

Lam melayangkan tuntutan terhadap Ivanka Trump Footwear dan Marc Fisher Footwear selaku pemegang lisensi.

Tuntutan ini dilayangkan akibat sepatu wedges Cadie rancangan Ivanka terlihat sama persis dengan wedges Ayami keluaran Lam.

Ditambah lagi, harganya yang jauh lebih murah dianggap merusak pasaran. Sepatu Cadie rancangan Ivanka dijual hanya $150, berbeda dengan wedges rancangan Lam yang dibanderol seharga $780.

Seperti diberitakan Daily Mail, Kamis (22/12), dalam surat tuntutannya Lam memberi tenggat waktu 7 hari bagi Ivanka untuk menarik wedges Cadie dari pasaran.

“Kami sudah melihat beberapa jiplakan sebelumnya, tapi kami belum pernah melihat yang semirip ini. Membuat sepatu sama dengan investasi, jadi kami harus melayangkan protes jika terdapat tindakan plagiarisme,” ujar Jan-Hendrik Schlottmann, chief executive officer dari rumah mode Derek Lam kepada Women’s Wear Daily.

Terungkapnya aksi contek-menyontek ini dimulai saat salah seorang desainer di rumah mode Derek Lam melihat sepatu Cadie di situs belanja online Bloomingdales.

Untuk membuktikan kemiripannya, sang desainer memutuskan untuk membeli sepatu itu, namun belum juga diterima hingga hari ini. Diduga karena pihak Ivanka telah menarik sepatu Cadie dari Bloomingdales dan toko-toko lainnya, seperti yang diminta pihak Lam.

Hak paten menjadi persoalan yang cukup sensitif bagi Council of Fashion Designers of America (CFDA), lembaga yang membawahi para perancang di negeri paman Sam itu.

CFDA telah melakukan berbagai cara untuk melindungi para anggotanya dari tindak plagiarisme, namun kejadian seperti ini masih saja marak terjadi.

“Setiap desainer berhak atas perlindungan terhadap karyanya dan hanya kreator aslinya yang layak menerima profit,” tukas Steven Kolb, CEO dari CFDA.

[Hangat-News]

0 komentar:

Posting Komentar