Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
Iklan
Kunjungi Sponsor Kami
Terimakasih
Semoga Artikel Bisa Bermanfaat
[x]

Kanker Pankreas, Penyakit yang Membunuh Steve Jobs

Written By admin on Jumat, 07 Oktober 2011 | 09.19


DALAM pernyataan resmi yang dikeluarkan terkait kematian Steve Jobs, Apple tak mengungkapkan apa penyebab wafatnya sang mantan CEO. Namun sudah menjadi rahasia umum, bahwa Jobs mengidap kanker pankreas sejak 2004 lalu.

Kanker pankreas merupakan salah satu jenis kanker yang paling cepat menyebar. Hanya 4 persen pasiennya yang dapat bertahan hidup lebih dari 5 tahun sejak pertama kali didiagnosis.

Maka, perjuangan Jobs melawan kanker yang dideritanya jelas luar biasa, karena sang penemu iPhone ini telah melampaui ekspektasi medis selama ini.

TIME, Rabu (5/10) melaporkan, setiap tahunnya terdapat 44 ribu orang yang mengidap kanker pankreas, 37.000 di antaranya tak dapat diselamatkan. Angka ini hanya meliputi kawasan AS saja, di negara lainnya masih banyak lagi.

Setiap manusia memiliki dua macam kelenjar dakam pankreasnya, yaitu kelenjar exocrine, produsen enzim yang menghancurkan lemak dan protein.

Kelenjar kedua, endocrine, yang membuat beragam hormon seperti insulin yang mengatur gula darah.

Kanker pankreas menyebabkan adanya tumor yang mengacaukan kinerja kedua kelenjar dalam pankreas. Sifatnya yang agresif dan cepat menyebar membuat tumor menyumbat saluran empedu dan menyebabkan penyakit kuning.

Profesor Minoti Apte dari University of New South Wales School of Medical Sciences, kanker pankreas merupakan penyebab terbesar keempat atas kematian akibat kanker.

“Ada banyak alasan mengapa penyakit ini begitu mematikan, tapi penyebab utamanya ialah penyakit ini seringkali lambat didiagnosa,” ungkap Apte seperti dikutip Sydney Morning Herald, Kamis (6/10).

“Gejalanya yang samar-samar, membuatnya sulit diidentifikasi sebagai kanker pankreas dalam waktu singkat. Tanpa sadar, gejalanya mulai merambat ke organ lain,” lanjutnya.

Penyebab lainnya mayoritas dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, minum minuman beralkohol, serta diet, juga penyakit diabetes dan radang pankreas kronis.

Untuk menuntaskannya, kanker pankreas dapat dihentikan lewat jalur operasi, kemoterapi, serta radioterapi.

[Hangat-News]

0 komentar:

Posting Komentar