Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
Iklan
Kunjungi Sponsor Kami
Terimakasih
Semoga Artikel Bisa Bermanfaat
[x]

Bagaimana Mike Mohede Turunkan 20 Kilogram Berat Badannya?

Written By admin on Senin, 30 Mei 2011 | 09.35

mike-mohede2PENYANYI Mike Mohede (27), jawara Indonesian Idol season 2 kini terlihat lebih kurus.

Tahun ini adalah pertaruhan bagi Mike. Siapa pun tahu, industri musik Indonesia terlalu menuntut para penampil. Siapa saja yang ingin eksis di dunia tarik suara Tanah Air, “tidak boleh” hanya bermodal suara ciamik, tapi juga penampilan apik. Mike sadar betul akan hal itu.

Desember 2009, Mike terbang ke Surabaya. Ada show jelang Natal di Kota Pahlawan. Dalam pesawat, ia duduk bersebelahan dengan seorang perempuan. “Mike, kamu enggak ingin menurunkan berat badan ya? Kamu kalau kurusan akan terlihat lebih ganteng lho,” sapa wanita itu. Mike lupa menanyakan nama. Yang jelas, penumpang di sebelahnya ahli gizi.

Mike_Mohede20

Mike Mohede saat masih gemuk. (dok.ist.)

“Efek Diet, Jadi Dungu”
Sesampainya di hotel berbintang, pemilik album Seri Cinta menatap ke cermin. Di kupingnya, masih terngiang nasihat sang ahli gizi. Ia bermain proyeksi. Naluri narsis bersemi. Seandainya laki-laki di dalam cermin itu mengurus, apa jadinya? “Sebenarnya, waktu ikut babak spektakuler saya diet dan sempat kurus 9 Kg,” kenang cowok bernama lengkap Michael Prabawa Mohede. Teguran di dalam pesawat, merangsang Mike memformulasikan diet yang pantas demi mengikis gelambir tubuh.

Genderang perang lemak ditabuh Mike pertengahan tahun lalu. “Gorengan, cokelat, es krim, dan pizza sama sekali tidak disentuh. Sewaktu di Makassar disuguhi sup Konro (sup iga-red) saya sama sekali tidak menyantap. Saya mengalah, memesan grill salmon. Kalau show di luar kota saya sangu crakers gandum atau pisang satu sisir. Di hotel, saya pesan fruit platters dan salad,” imbuhnya. Berat bagi Mike untuk menurunkan berat badan. Mengingat, ia tumbuh di lingkungan keluarga, yang mayoritas berbadan subur dan doyan makan.

Sepertinya, badan besar menjadi “tradisi” keluarga Mike. “Genetiknya gede semua. Keluarga almarhum Papa, badannya sebesar lemari semua,” Mike menambahkan. Hal yang paling ditakuti Mike, jika tidak ada show dan syuting. Biasanya, Mike di rumah. Menganggur di rumah lalu mencium aroma masakan membuat dietnya berumur pendek.

Dulu, Mike makan sehari enam kali. Sebenarnya, apa yang dibilang ahli gizi di dalam pesawat itu benar. Kalau terasa lapar, segera bersantap. Tapi, jangan kalap. Usahakan lapar yang sekonyong-konyong melanda ditambal dengan buah. Ini yang diterapkan Mike. Kini, ia sama sekali tidak makan nasi. “Pagi, sarapan pisang dan teh manis eh, bukan… Aduh, apa ya? Begini nih Mas, efek diet. Daya ingat saya menurun. Jadi dungu,” keluh pelantun “Semua Untuk Cinta”.

Ya, inilah problem baru Mike. Pelupa. Desember tahun lalu, finalis Asian Idol diet super ketat. Akibatnya, sering lupa lirik saat manggung. “Pernah, saya menyanyi hit sendiri ‘Semua Untuk Cinta’, tiba-tiba lupa bagian reff,” Mike menukas.

“Kalau Jalan Dengan Pacar, Saya Malu Hati”
Setelah beberapa menit, Mike akhirnya ingat menu hariannya. Untuk sarapan pagi, pisang dan teh manis hangat dengan gula rendah kalori atau biskuit sari gandum. Fitnes mulai jam 11 sampai jam 15 sore. Menu di sanggar kebugaran di antaranya treadmill 30 menit, sit up dan latihan dengan fokus memperbaiki perut. Menu makan siang, milkshake. Bahannya, mencampur susu pembentukan otot (tiga sendok makan) dengan air putih (tidak dingin), pisang dua buah, havermut (empat sendok), bila perlu menambah kopi diet. Ternyata ramuan ini mujarab. Menu lain untuk siang hari, bikin grill tempe dioles kecap. Malam hari, Mike mengakrabi buah-buahan.

Seminggu pertama adalah siksaan. “Hari ketiga dan empat, badan menggigil dan kepala pusing sekali. Sampai sekarang turun 20 Kg. Akhir tahun kemarin, sempat naik 5 Kg. Lebaran dan Natal bikin kalap. Target saya tahun ini turun 13 Kg. Saya ingin mencapai bobot 100 Kg. Saya targetkan tercapai tiga bulan. Kalau mau fokus, sebenarnya seminggu bisa susut 2 sampai 3 Kg. Syaratnya, Sabtu dan Minggu tidak boleh libur. Tetap diet,” beri tahu Mike. Saat ini berat Mike 133 Kg.

Semua ini dilakukan Mike jelang perilisan album kedua akhir tahun ini. Album baru, bersama perusahaan rekaman baru dan imej baru. Itu yang diinginkan. Sebagai pemanasan, Mike merilis singel “Tak Seperti Dulu” yang dikerjakannya bersama Andi Rianto dan petinggi Aquarius, Arie S. Widjaya. Alasan lain, kesehatan. Jika manggung membawakan 10 lagu, Mike mulai keteteran di track keenam. Dan yang tidak kalah penting, membahagiakan pacar. Sudah 3 tahun, Mike berpacaran.

"Dia saya panggil Ndit, seorang desainer interior. Badannya langsing ideal. Itu juga alasan saya mati-matian menurunkan berat badan. Kalau kami jalan di muka publik, saya malu hati,” akunya. Muncul dugaan, diet menuju 100 Kg ini upaya Mike agar tampil menawan di hari bahagia. Disinggung soal ini, Mike langsung menepis. “Ah bukan, saya belum berencana menyusul Delon.”

0 komentar:

Posting Komentar