Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
Iklan
Kunjungi Sponsor Kami
Terimakasih
Semoga Artikel Bisa Bermanfaat
[x]

Taktik Cerdik Siasati Pengeluaran

Written By admin on Senin, 25 Juli 2011 | 07.18


taktik-pengeluaranUANG, sulit didapat namun mudah dihabiskan. Jika tak teliti mengatur anggaran keuangan, tabungan Anda bisa habis sebelum waktunya.

Berikut ini beberapa strategi cerdik dalam berhemat yang dapat menyiasati pengeluaran Anda. Dengan sedikit niat, Anda pasti mampu mengumpulkan pundi-pundi yang lebih banyak lagi.

1. Selalu Membawa Uang Tunai

Kartu kredit menjadi salah satu godaan terbesar dalam berhemat. Sebagian besar orang mengandalkan keberadaan kartu kredit untuk berbelanja dan mengabaikan tagihan yang akan datang nantinya. Saat tagihan sudah di tangan, Anda baru memutar otak untuk menyiasatinya.

Agar tak terbebani dengan utang-utang kartu kredit, selalu biasakan diri untuk membawa uang tunai saat berbelanja. Dengan begini, Anda dapat membatasi sebesar apa anggaran yang Anda gelontorkan dalam satu kali belanja. Saat dompet mulai menipis, saat itulah Anda harus perlahan mengerem kegiatan belanja.

Tentunya, bawalah uang tunai sesuai kebutuhan dan tetapkan limit tertentu saat berbelanja.

2. Mengoleksi Katalog Belanja

Sejumlah pusat perbelanjaan secara rutin mencetak katalog belanja sebagai pedoman harga bagi para konsumen. Ternyata katalog ini tak hanya bermanfaat di saat Anda tengah berbelanja, namun juga sebelum Anda pergi ke tempat berbelanja.

Katalog produk bulan lalu juga bisa Anda gunakan sebagai panduan berbelanja bulan ini. Dengan sedikit intuisi dan prediksi perubahan harga yang mungkin terjadi, Anda bisa menerka-nerka berapa uang yang akan Anda habiskan.

Jadi biasakan membawa pulang katalog yang tersedia di toko.

3. Belanja untuk Investasi

Makanan akan habis dikonsumsi dan meninggalkan kemasan yang menjadi sampah.

Sedangkan benda-benda lain, seperti alat elektronik atau furnitur, akan dinilai tak berguna lagi jika terjadi kerusakan atau sang empunya telah bosan dengan benda itu.

Biasakan diri untuk berbelanja benda-benda yang dapat dijual kembali. Investasi kecil-kecilan semacam ini tak hanya akan mengurangi tumpukan barang-barang bekas di kediaman Anda, namun juga menjadi cadangan keuangan tersendiri.

Ditambah lagi, penghematan semacam ini dapat berjalan lancar dengan bantuan toko-toko yang menerima pembelian barang bekas yang semakin menjamur.

4. Berburu Gratisan

Untuk urusan kosmetik, ada baiknya jika Anda mencari tempat berlangganan. Tak ada salahnya untuk setia pada counter kosmetik di departemen store tertentu sebagai penyedia peralatan rias wajah Anda. Karena lazimnya, para Beauty Assistant (BA) akan berbaik hati memberikan sampel produk cuma-cuma bagi para pelanggannya.

Trik alternatifnya, selalu berbelanja beberapa alat kosmetik sekaligus (jika Anda sedang membutuhkannya, tentu). Karena biasanya sampel produk gratis ini juga akan diberikan pada konsumen yang membeli beberapa produk sekaligus. Bonus sampel ini terkadang diganti dengan make over oleh BA yang akan mengubah tampilan wajah Anda menjadi lebih mempesona.

5. Berbohong Kepada Anak

Tenang saja, berbohong di sini bisa digolongkan pada "white lie".

Jika anak menyukai produk kudapan tertentu, misalnya seperti selai atau sereal, yang rasanya lezat namun harganya selangit, Anda harus coba cara ini. Carilah produk yang sama, dengan rasa yang nyaris persis sama, namun dengan merk berbeda.

Masukkan kudapan itu pada wadah yang sama dengan si produk mahal dan buat seolah-olah camilan yang Anda masukkan ke dalamnya memiliki merk yang digemari buah hati. Hasilnya, mereka tak akan tahu perbedaannya.

Bagaimana, Anda sepakat dengan poin-poin di atas?

[hangat-news]

0 komentar:

Posting Komentar